Sabtu, 3 Desember 2022

Diogo Dalot Ciptakan Brace, Portugal Menang Telak 4-0 Atas Republik Ceko

Berita Terkait

Bek Portugal Diogo Dalot (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol keduanya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan UEFA Nations League pada Minggu (25/9). (Michal Cizek/AFP/Antara)

batampos – Portugal menang telak 4-0 saat bertandang ke markas Republik Ceko dalam lanjutan Liga A Grup B UEFA Nations League di Sinobo Stadium pada Minggu (25/9) dini hari WIB.

Diogo Dalot memborong dua gol dalam pertandingan itu. Dua gol lainnya dicetak Bruno Fernandes dan Diogo Jota.

Hasil tersebut membawa Portugal ke puncak klasemen Grup B dengan 10 poin. Sedangkan Republik Ceko tertahan di dasar klasemen dengan 4 poin dan akan menghadapi laga hidup-mati di Liga A UEFA Nations League kontra Swiss pada Rabu (28/9).

Portugal mendapat peluang emas sepuluh menit pertandingan berjalan. Bola sepakan mendatar Ruben Dias di kotak penalti meluncur tipis di sebelah gawang Ceko.

Insiden menimpa Cristiano Ronaldo pada menit ke-12. CR7 menyambar bola di udara dalam posisi offside dan berbenturan dengan kiper Ceko, Tomas Vaclik.

Benturan itu menyebabkan luka robek di hidung Ronaldo hingga berdarah. Kapten timnas Portugal itu sempat mendapat perawatan sebelum kembali melanjutkan permainan.

Portugal memecah kebuntuan pada menit ke-33. Diogo Dalot mencatatkan namanya di papan skor. Bek Portugal itu mendapat umpan tarik dari Rafael Leao, sebelum menyodorkan bola masuk ke gawang Ceko. Tim tamu memimpin 1-0.

Tim tamu nyaris membobol gawang Ceko untuk kedua kalinya 10 menit berselang. Bola tandukan William Carvalho bisa ditangkap Vaclik. Portugal menggandakan skor jelang injury time babak pertama. Bruno Fernandes mencetak gol tap-in memanfaatkan umpan Mario Rui.

Ceko mendapat hadiah penalti jelang turun minum. Ronaldo melakukan handball saat berusaha melindungi wajahnya yang terluka dari bola di udara. Patrik Schick yang maju sebagai eksekutor penalti gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. Bola tembakannya membentur tiang gawang. Babak pertama ditutup dengan kedudukan 2-0 untuk Portugal.

Portugal menambah kedudukan mereka tujuh menit setelah babak kedua berjalan. Dalot menorehkan brace usai bola tembakannya dari luar kotak penalti meluncur ke dalam gawang Ceko. Skor 3-0 untuk tim tamu.

Tim tamu mencetak gol keempat pada menit ke-82. Pemain pengganti, Diogo Jota menanduk masuk bola hasil sundulan kepala Ronaldo dari situasi sepak pojok. Gol tersebut juga menjadi penutup pertandingan. Portugal menang telak 4-0.

Susunan Pemain:

Republik Ceko (3-4-3): Tomas Vaclik; David Zima, Jakub Brabec (Ondrej Kudela 22′), Vaclav Jemelka; Vladimir Coufal, Alex Kral, Tomas Soucek (Jan Kuchta 77′), Jaroslav Zeleny (Adam Vlkanova 63′); Antonin Barak (Petr Sevcik 63′), Adam Hlozek (Vaclav Cerny 63′); Patrik Schick.

Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Mario Rui, Danilo Pereira (Joao Mario 83′), Ruben Dias, Diogo Dalot; William Carvalho (Joao Palhinha 77′), Ruben Navas; Rafael Leao (Diogo Jota 67′), Bruno Fernandes (Matheus Nunes 77′), Bernardo Silva (Ricardo Horta 67′); Cristiano Ronaldo.

 

 

Reporter: Antara

Update