Dicekal di Inggris, Roman Abramovich Kini Membidik Valencia CF

0
42
Roman Abramovich dipastikan bakal menjual Chelsea. (Ben Stansall/AFP)
Roman Abramovich dipastikan bakal menjual Chelsea. (Ben Stansall/AFP)

batampos – Dicekal di Inggris dan harus melepas kepemilikan Chelsea tidak menghancurkan hasrat Roman Abramovich untuk memiliki klub sepak bola.

Seperti santer diberitakan media-media Eropa kemarin, Abramovich kini tertarik mengakuisisi salah satu klub La Liga, Valencia CF.

Los Che –sebutan Valencia CF– masih klub dengan jumlah suporter teregistrasi paling banyak ketiga di Spanyol setelah Real Madrid dan FC Barcelona.

Pemegang tiket musiman mereka mencapai 50 ribu dan 20 ribu lainnya masuk daftar tunggu. Padahal, kapasitas kandang mereka, Mestalla, hanya 48.600 penonton.

Sejak sedekade terakhir, Los Che bermasalah dengan keuangan dan menjadi milik pebisnis Singapura Peter Lim pada Mei 2014.

Hanya, belakangan Lim berniat mencari pemilik baru untuk klub peraih enam gelar La Liga tersebut. Itu seiring kerugian yang terus dialami Los Che.

Laporan keuangan pada November tahun lalu mencatat kerugian Los Che adalah EUR 31,2 juta (Rp 488 miliar).

Kerugian itu diprediksi bertambah EUR 36 juta (Rp 563 miliar) untuk musim ini. Lim pun telah meminjamkan dana dari kantong pribadinya EUR 38 juta (Rp 594 miliar).

Tidak berhenti sampai di situ. Sportskeeda melansir bahwa Lim ternyata menempatkan EUR 50 juta (Rp 782 miliar) setiap tahun untuk menghindarkan Los Che dari ancaman kebangkrutan.

”Peter Lim mencoba untuk menjual klub dengan harga EUR 250 juta (Rp 3,9 triliun), tetapi belum menemui hasil. Akhir-akhir ini, dia membocorkan ke media bahwa ada dua tawaran (untuk Valencia, Red).”

”Salah satunya dari saya dan satu lagi dari Abramovich,” ujar Miguel Zorio, pengusaha lokal Spanyol yang tertarik mengakuisisi Los Che, seperti dilansir Marca.

Buruknya kondisi keuangan Los Che berbanding lurus dengan performa skuad besutan Jose Bordalas. Jose Gaya dkk kini menempati peringkat kesembilan di La Liga.

Tapi, di Copa del Rey, Los Che secara luar biasa berhasil melaju ke final untuk menghadapi Real Betis akhir bulan ini (24/4).

Di sisi lain, rencana Abramovich mengakuisisi Los Che mungkin harus menunggu penjualan Chelsea tuntas. Saat ini ada lima calon pemilik baru Chelsea, yaitu keluarga Ricketts, Todd Boehly, David Blitzer-Josh Harris, Kevin Griffin, dan Stephen Pagliuca.

Semuanya telah mengajukan penawaran dan pemerintah Inggris yang mengontrol penjualan Chelsea mematok Kamis (14/4) sebagai tenggat bagi calon pemilik baru untuk finalisasi dana EUR 3 miliar (Rp 46,9 triliun). (*)

 

Reporter: JPGroup

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini