Selasa, 27 Februari 2024

Dianggap Lebih baik dari Cristiano Ronaldo di Real Madrid, Jude Bellingham Raih Golden Boy Award 2023

Berita Terkait

Bellingham menjadi aktor penting kemenangan Real Madrid atas Napoli di laga kedua UCL musim ini. (F. Instagram Real Madrid (@realmadrid)

batampos – Gelandang Real Madrid dan pemain tim nasional Inggris, Jude Bellingham, resmi dinobatkan sebagai peraih penghargaan Golden Boy 2023.

Ajang penghargaan tahunan tersebut secara luas dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di sepak bola Eropa untuk pemain berusia di bawah 21 tahun.

Dilansir dari Football Italia pada Rabu (6/12), Bellingham diumumkan sebagai pemenang pada November lalu, tetapi secara resmi dianugerahi penghargaan tersebut pada sebuah ceremony di Turin pada Senin (4/12) malam waktu setempat.

Pemain sensasional kelahiran Birmingham, Inggris, itu sudah tidak asing lagi dengan komite Golden Boy, karena dia sebelumnya masuk dalam daftar nominasi pada 2021 dan 2022.

Namun, pada tahun-tahun sebelumnya trophy tersebut belum berpihak padanya. Dia kalah dari gelandang Barcelona Pedri dan Gavi pada kedua tahun tersebut.

Adapun pada tahun kalender 2023, hanya sedikit yang bisa membantah kemenangan Bellingham setelah menjalani tahun yang begitu sensasional.

Mantan pemain Birmingham itu membuat keputusan penting bagi karier sepak bolanya dengan pindah ke Real Madrid dengan nilai 103 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun di jendela transfer musim panas lalu.

Sebelumnya, Bellingham pernah menghabiskan tiga musim bersama Borussia Dortmund, dan hampir membantu Die Borussen meraih gelar Bundesliga pertama mereka dalam satu dekade, namun akhirnya kalah telak dari Bayern Muenchen di sisa akhir musim 2022/2023.

Namun, pada paruh kedua 2023, nilai jual Bellingham naik lebih tinggi lagi. Pemain berusia 20 tahun itu telah mencetak 11 gol dari 13 penampilan pertamanya di LaLiga, ditambah empat gol dari empat penampilan di Liga Champions, sehingga total golnya menjadi 15 dari 17 pertandingan.

Legenda klub Cristiano Ronaldo dan Alfredo Di Stefano belum mencetak gol sebanyak Bellingham ketika melewati 15 pertandingan pertama mereka untuk Los Blancos.

Bellingham dan Madrid saat ini duduk di puncak klasemen LaLiga setelah 15 pertandingan, setelah hanya kalah sekali sepanjang musim. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update