Dapat Penalti dan 2 Kartu Merah, Timnas Indonesia Jadi Juru Kunci

0
39
Timnas Indonesia kalah 2-0 atas Qatar di pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. (PSSI)
Timnas Indonesia kalah 2-0 atas Qatar di pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. (PSSI)

batampos – Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan pahit dengan skor 0-2 dari Qatar dalam laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024. Pertandingan ini tidak hanya diwarnai oleh dua gol dari Qatar, tetapi juga oleh dua kartu merah, protes keras dari Pelatih Shin Tae-yong, serta sejumlah insiden menegangkan yang terjadi di lapangan.

Laga yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024), menjadi ajang yang sarat dengan drama bagi Timnas Indonesia U-23.

Qatar berhasil memastikan kemenangan mereka melalui sepasang gol dari bola mati. Gol pertama dicetak melalui eksekusi penalti yang sukses dilakukan oleh Khaled Ali bin Sabaa pada menit ke-45+1. Sementara gol kedua terjadi melalui tendangan bebas yang dieksekusi dengan sempurna oleh Ahmed Al Rawi pada menit ke-54.

Keberhasilan Qatar mencetak gol kedua sekaligus menjadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia, terutama setelah gelandang mereka, Ivar Jenner, mendapatkan kartu merah pada awal babak kedua. Kartu merah ini diberikan oleh wasit setelah Jenner dinilai melakukan pelanggaran kepada Saif Eldeen Hassan pada menit ke-46.

Namun, drama tidak berhenti di situ. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, turut menyumbangkan protes kerasnya terhadap keputusan wasit. Protes tersebut terjadi ketika Witan Sulaeman dilanggar oleh Saif Eldeen Hassan pada menit ke-56, yang hanya berujung pada pemberian kartu kuning bagi Hassan. Tae-yong pun menerima kartu peringatan setelah menyatakan ketidakpuasannya terhadap keputusan wasit.

Timnas Indonesia harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain setelah Ivar Jenner dikeluarkan dari lapangan, dan kehilangan satu pemain lagi setelah Ramadhan Sananta juga mendapatkan kartu merah pada masa injury time. Kedua kartu merah ini meninggalkan Timnas Indonesia dengan keadaan sulit untuk mengejar ketertinggalan.

Meskipun bermain dengan jumlah pemain yang berkurang, Timnas Indonesia tetap menunjukkan semangat perjuangan yang tinggi. Mereka terus mencoba menciptakan peluang, tetapi upaya tersebut tidak mampu menghasilkan gol. Hingga wasit meniup peluit akhir, Qatar mampu menjaga keunggulan mereka dengan baik dan mengakhiri pertandingan dengan skor 2-0 untuk keunggulan mereka.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-23 kini menempati posisi juru kunci di Grup A Piala Asia U-23 2024 tanpa poin. Kekalahan ini membuat langkah Timnas Indonesia semakin sulit dalam persaingan menuju babak selanjutnya. Mereka akan menghadapi tantangan berikutnya saat bertemu dengan Australia dalam pertandingan selanjutnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kekalahan ini merupakan pukulan berat bagi Timnas Indonesia U-23. Namun, mereka tidak boleh menyerah begitu saja. Masih ada dua pertandingan tersisa dalam fase grup, dan Timnas Indonesia harus bersiap untuk bangkit dan memberikan yang terbaik dalam sisa pertandingan mereka.

Semangat dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia akan menjadi modal penting bagi Timnas Indonesia untuk meraih hasil yang lebih baik di pertandingan-pertandingan mendatang. Ayo, dukung Timnas Indonesia U-23 sampai akhir. (*)

Klasemen sementara Grup A Piala Asia U-23

Qatar 3 poin

Australia 1 poin

Yordania 1 poin

Indonesia 0 poin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini