Sabtu, 3 Desember 2022

Chelsea Baru Bisa Pamer Emblem Juara di Liga Champion

Berita Terkait

Skuad Chelsea merayakan keberhasilan menjadi juara dunia antarklub 2022. (Giuseppe Cacace/AFP)

batampos – Chelsea untuk kali pertama memenangi Piala Dunia Antarklub. Di Mohammed bin Zayed Stadium, Abu Dhabi, kemarin (13/2), juara Liga Champions Eropa itu membekuk juara Copa Libertadores Palmeiras dengan skor 2-1 lewat babak waktu tambahan.

Chelsea jadi klub Eropa kesembilan yang sukses menjuarainya. Selain itu, Premier League menjadi liga terbanyak menyuplai pemenang. Sebelum Chelsea, ada Manchester United (2008) dan Liverpool FC (2019).

Sebagai simbol klub juara dunia, Chelsea berhak membubuhkan emblem perisai emas di bagian dada jersey mereka. Sayang, kebijakan terbaru Premier League melarang Chelsea melakukannya di Premier League.

Beda dengan ketika United atau LFC yang bisa mengenakannya di liga domestik.

”Chelsea cuma boleh mengenakannya (jersey dengan emblem perisai emas, Red) dalam ajang Eropa,” sebut laporan Daily Mirror.

Alhasil, klub milik Roman Abramovich itu baru bisa pamer emblem perisai emas ketika menghadapi Lille OSC dalam first leg 16 besar Liga Champions pada 23 Februari mendatang.

Kebetulan, laga melawan Les Dogues tersebut dimainkan di Stamford Bridge.

Emblem perisai emas itu akan melengkapi emblem juara Liga Champions di lengan kanan. Uniknya, dua emblem itu adalah hadiah dari gelandang serang Chelsea Kai Havertz.

Di final Liga Champions, Havertz mencetak satu-satunya gol kemenangan Chelsea atas Manchester City pada menit ke-42. Kemarin, pemain 22 tahun itu pula yang memastikan kemenangan The Blues setelah mengeksekusi penalti pada menit ke-117.

Sebelum mengambil tendangan penalti kemarin, Havertz mengaku dihinggapi kegugupan luar biasa. ”Sebab, itu adalah penalti yang sangat penting bagi kami. Begitu mendebarkan,’’ ungkap Havertz seperti dilansir di laman resmi klub.

”Di klub ini, aku sebenarnya hanya penendang penalti ketiga setelah Jorginho dan (Romelu) Lukaku. Tetapi, saat itu tinggal aku sebagai eksekutor yang tersedia di lapangan,’’ imbuhnya. (*)

Reporter: JPGroup

Update