Sabtu, 20 Juli 2024

Cedera ACL-Meniskus, Neymar Harus Menepi Hampir Setahun

Berita Terkait

 

batampos – ”Ini momen yang sangat berat. Terburuk. Aku tahu aku kuat, tetapi kali ini aku membutuhkan keluarga dan rekan terdekat lebih banyak dari sebelumnya. ” Itu adalah nukilan takarir foto Neymar di Instagram, Kamis (19/10).

Neymar mengunggahnya tidak lama setelah bintang timnas Brasil itu dinyatakan mengalami sobek anterior cruciate ligament (ACL) dan meniskus pada lutut kirinya. Bintang 31 tahun itu cedera ketika membela Brasil yang kalah 0-2 oleh Uruguay dalam matchday keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol (18/10). Neymar ditarik keluar pada menit ke-45+4.

F. PABLO PORCIUNCULA/AFP
STRIKER Brasil, Neymar, meninggalkan lapangan dengan diangkut menggunakan kendaran evakuasi usai cedera saat kualifikasiPiala Dunia 2026 zona Amerika Latin antara Uruguay vs Brasil di Stadion Centenario di Montevideo, Selasa (17/10).

Cedera Neymar diprediksi memerlukan waktu antara 7 bulan sampai 9 bulan untuk pulih. Artinya, musim striker Al Hilal SC tersebut sudah selesai. Musim ini saja, Neymar lebih dulu terkena cedera engkel disusul masalah otot yang notabene baru pulih bulan lalu. Yang paling banyak pada 2019 ketika mantan penyerang FC Barcelona dan Paris Saint-Germain tersebut cedera sampai empat kali.

Sejak 2014, Neymar tercatat sudah absen dalam 179 pertandingan bersama klub maupun timnas. Jika dirata-rata, Neymar melewatkan 19 pertandingan setiap tahun.

Musim ini Neymar baru berlaga 5 kali di bersama Al Hilal dengan torehan 1 gol dan 3 umpan gol. Mengenai laga yang akan dilewatkan oleh Neymar, Al Hilal yang paling merugi. Bukan sekadar dalam liga domestik, Saudi Pro League, dengan Al Hilal saat ini merupakan pemuncak klasemen. Melainkan juga di Liga Champions Asia yang telah memasuki fase grup. Al Hilal memiliki ambisi menebus kegagalan juara musim lalu saat dikalahkan Urawa Red Diamonds di final.

Untuk laga yang tidak akan dijalani di timnas, Neymar sudah pasti melewatkan dua matchday kualifikasi Piala Dunia pada bulan depan. Jika pemulihannya molor, dia bisa absen dalam Copa America tahun depan yang digelar pada 20 Juni hingga 14 Juli.

”Saat ini tim medis timnas Brasil dan Al Hilal saling bersinergi untuk memberikan proses pemulihan terbaik bagi Neymar. Kami dan sepak bola membutuhkannya karena sepak bola lebih ceria jika dia bermain,’’ tutur Presiden CBF (PSSI-nya Brasil) Ednaldo Rodrigues seperti dilansir Globo Esporte. (*)

Update