Jumat, 8 Desember 2023

Butuh Pengalaman Kevin De Bruyne

Berita Terkait

 

batampos – Performa gelandang Manchester City Kevin De Bruyne sepanjang tahun ini belum kembali seperti sebelum Piala Dunia Qatar 2022. Produktivitas gol maupun umpan golnya tidak sama seperti sebelumnya.

Kevin De Bruyne

KDB –akronim Kevin De Bruyne– yang mendulang 3 gol dan 10 umpan gol sebelum Piala Dunia menurun jadi 2 gol dan 5 umpan gol. Bahkan, hampir sebulan terakhir KDB nirgol. Imbasnya, tactician City Pep Guardiola memilih Phil Foden atau Bernardo Silva ketimbang KDB sebagai starter.

Seperti saat City susah payah membekuk Crystal Palace 1-0 di Selhurst Park dalam Premier League akhir pekan lalu (12/3). KDB hanya turun 11 menit terak-hir menggantikan Bernardo.
Menurunnya performa KDB menuai kritik dari berbagai pihak. Pandit, legenda City, maupun pendukung The Citizens –julukan City– menilai gelandang serang timnas Belgia itu sudah menua. ”Aku memang pria tua,” ucap KDB menanggapi kritik seperti dilansir Manchester Evening News. Padahal, usia KDB sebenarnya baru 31 tahun.

Meski performa turun, KDB tidak akan diabaikan Pep saat City menjamu RB Leipzig (RBL) dalam second leg 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV 2/Vidio pukul 03.00 WIB). Pengalaman KDB yang kerap jadi pembeda bagi City ketika berhadapan dengan klub Bundesliga di Etihad adalah alasannya. Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach contohnya.

BVB –sebutan Borussia Dortmund– datang ke Etihad dua kali pada musim 2020–2021 dan musim ini. Dari dua kali laga tersebut, KDB menciptakan 1 gol dan 1 umpan gol. Gladbach juga dibobol KDB ketika datang ke Manchester dua musim lalu dalam second leg 16 besar.

”Kevin (De Bruyne, red) absen dalam pertemuan pertama di Jerman (seri 1-1 di Red Bull Arena, 23/2, red) dan saya pikir dia akan memberikan perubahan dalam second leg,” tutur Pep seperti dilansir 90min. ”Karena saya paham siapa dia dan seberapa pen-ting artinya Kevin bagi kami,” imbuh Pep.

Di sisi lain, performa positif ditunjukkan Emil Forsberg, gelandang serang RBL, dalam empat laga terakhir di Bundesliga. Forsberg selalu mencetak gol plus torehan 1 umpan gol. Konsistensi yang diharapkan der trainer RBL Marco Rose berlanjut di Etihad Stadium.
”Emil (Forsberg) banyak terkendala fisik (cedera dan pemulihan, red) selama memperkuat klub ini. Potensinya pun tertutupi. Sekarang dia sedang ’terbang tinggi’,” tutur Rose kepada Sportschau. (*)

Update