Sabtu, 20 Agustus 2022

Bukan Hanya Bayern, Ada 5 Wakil Bundesliga di Liga Champions

Berita Terkait

Pelatih Eintracht Frankfurt asal Austria, Oliver Glasner mengangkat trofi Liga Europa setelah mengantarkan timnya menang lawan Rangers di partai final pada Kamis (19/5). Cristina Quicler/AFP/Antara

batampos – Musim ini bisa jadi musim ke-15 Bayern Munchen lolos ke fase grup Liga Champions.

Tapi, bukan itu yang jadi sorotan di balik penampilan klub-klub Bundesliga di Liga Champions musim depan. Melainkan dominasi jumlah wakil Bundesliga yang lolos ke fase grup kali ini.

Sepanjang sejarah, baru kali ini Bundesliga menempatkan lima wakilnya di fase grup. Itu berkat sukses Eintracht Frankfurt memenangi Liga Europa musim 2021–2022.

Empat wakil dari Bundesliga dihuni Bayern, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, dan RB Leipzig. Comeback-nya Leverkusen juga ikut jadi catatan tersendiri.

Setelah tak mampu bersaing lolos dari fase grup dua musim lalu, Leverkusen kembali ke Liga Champions dengan ambisi lebih besar.

Lolos ke fase knockout. Seperti yang pernah tercipta pada musim 2016–2017 ketika sukses melaju sampai 16 besar.

”Bayangkan Kai (Havertz) ada di sini bersama Florian (Wirtz), Moussa (Diaby), dan Patrick Schick di lini depan kami. Itu akan fantastis,” sebut Direktur Leverkusen Simon Rolfes sebagaimana dikutip laman DW.

Havertz dan Wirtz dua kekuatan Die Werkself, julukan Leverkusen, di Liga Champions 2019–2020. Sepeninggal Havertz ke Chelsea, Leverkusen sudah menemukan penggantinya pada sosok Diaby.

Selain itu, kemarin (28/5) Leverkusen memperpanjang kontrak Schick sampai 2027.

Memang seperti itulah sekarang yang jadi program jangka panjang Leverkusen. Finansial mumpuni membuat mereka tak lagi berpikir menjual pemain-pemain mudanya.

”Mungkin nama yang bersama kami saat ini sudah matang dalam satu atau dua musim ke depan,” tambah Rolfes. Bek Jonathan Tah pun menyebut Liga Champions kali ini bisa jadi reborn Leverkusen.

”Paling tidak kami bisa lebih dari sebelumnya,” harap Tah.

Di sisi lain, Eintracht pun tidak ingin numpang lewat dalam partisipasi pertamanya di Liga Champions musim depan.

Setidaknya Eintracht bisa berharap mengikuti jejak Villarreal CF di musim 2021–2022. Berlabel klub juara Liga Europa 2020–2021, Villarreal pun mendapatkan tiket lolos ke Liga Champions.

Dengan tiket tersebut, Si Kapal Selam Kuning –julukan Villarreal– mampu membuat kejutan di Liga Champions dengan melaju sampai babak semifinal sebelum disingkirkan finalis musim ini Liverpool FC.

”Kami selalu berambisi bisa berada di sana (capaian terjauh di Liga Champions, Red). Aku akan mengatakannya pada awal musim depan, jangan tertawakan klub juara Liga Europa,” warning nakhoda Eintracht Oliver Glasner kepada Ligaportal. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update