Selasa, 24 Mei 2022

Bintang Muda Indonesia Raih 3 Emas dan Bikin Rekor Dunia Baru

Berita Terkait

Rizki Juniansyah menjadi juara dunia junior 2022 kelas 73 kg. (IWF)

batampos – Kabar dahsyat datang dari Heraklion, Yunani. Bintang masa depan Indonesia Rizki Juniansyah, berhasil mempertahankan tiga emas pada kejuaraan dunia junior angkat besi.

Pada edisi 2022 dini hari tadi WIB (6/5), Rizki meraih tiga emas kategori snatch, clean and jerk, dan total angkatan pada kelas 73 kg. Lifter 18 tahun tersebut juga memecahkan rekor dunia junior snatch dengan catatan 156 kg.

Pada kategori clean and jerk, Rizki juga meriah emas dengan angkatan 185 kg. Jadi, Rizki juga berhak mendapatkan emas pada total angkatan dengan catatan 341 kg.

Rizki mengalahkan lifter asal Kazahkstan Alexey Churkin yang mendulang total angkatan 329 kg (snatch 149 kg dan clean and jerk 183 kg). Sementara itu, lifter asal Amerika Serikat Ryan Grimsland meraih perunggu dengan total angkatan 327 kg (snatch 145 kg dan clean and jerk 182 kg).

Rizki benar-benar tampil dominan dalam ajang ini. Pada angkatan snatch, lifter asal Serang, Banten tersebut baru beraksi setelah semua kontestan melakukan angkatan.

Pada percobaan pertama, Rizki sukses mengangkat beban sebesar 147 kg. Di angkatan kedua, upaya Rizki tidak terlalu mulus. Dengan susah payah, dia mampu berdiri dan mengangkat beban sebesar 156 kg.

Itu adalah rekor dunia junior baru. Lebih berat 1 kg dari rekor yang dia cetak pada ajang yang sama tahun lalu di Tashkent, Uzbekistan.

Setelah memecahkan rekor dunia junior, Rizki melepaskan kesempatan untuk melakukan angkatan ketiga.

Pada kategori clean and jerk, Rizki langsung sukses melakukan angkatan sebesar 185 kg pada percobaan pertama. Catatan itu sudah cukup untuk membuatnya meraih emas.

Setelah itu, Rizki mencoba mengangkat beban sebesar 195 kg. Jika berhasil, maka dia akan memecahkan rekor dunia junior baru clean and jerk. Sayang, upayanya gagal.

Pada angkatan ketiga, Rizki dan tim pelatih Indonesia terbilang melakukan keputusan sangat berani. Mereka memilih mengangkat beban seberat 199 kg. Jika berhasil, maka Rizki akan mencatat hasil dahsyat. Yakni memecahkan rekor dunia senior baru. Tetapi sayang, lagi-lagi usahanya gagal membuahkan hasil.

Dengan catatan hari ini, Rizki masih memegang rekor dunia junior pada tiga kategori. Yakni pada snatch (156 kg), clean and jerk (194 kg), dan total angkatan (349 kg). (*)

 

Reporter: JPGroup

Update