Rabu, 6 Juli 2022

Berangkat dari Gemar Bulu Tangkis, Rafli Giranda Ingin Jadi Wasit Berlisensi Dunia

Berita Terkait

Rafli Giranda, pemuda Bintan yang berkeinginan menjadi wasit berlisensi dunia. F.pribadi

batampos- Berangkat dari kegemaran menyaksikan pertandingan bulu tangkis di layar televisi, Rafli Giranda bercita-cita ingin menjadi wasit bulutangkis berlisensi nasional dan internasional.

“Selain suka nonton pertandingan bulu tangkis, saya juga suka bermain bulu tangkis,” kata pemuda kelahiran Tanjunguban 27 November 1996 ini.

Meski suka bermain bulu tangkis, warga jalan Datok Syahbandar, Kampung Kamboja, Tanjunguban ini lebih memilih menjadi wasit.

“Kebetulan saya tidak bisa menjadi atlet, lalu kenapa saya tidak mencoba menjadi wasit, kan masih tetap di dunia bulu tangkis,” kata pria berusia 25 tahun ini.

Rafli mengawali hobinya dengan mengikuti pelatihan wasit bulu tangkis tingkat Provinsi tahun 2016 di Kota Batam.

BACA JUGA: Terpilih Sebagai Ketua AFK Bintan, Muhammad Erol Ingin Buat Kursus Wasit dan Pelatih Futsal Berlisensi

Ketika itu, dirinya mencoba memulai untuk mengikuti dan mendalami peraturan permainan bulu tangkis. Setelah mengikuti pelatihan wasit dan dinyatakan lulus, Rafli mengatakan, jalan karirnya mulai terbuka.

“Alhamdulillah jalan mulai terbuka dan saya mulai mengikuti beberapa tournament di Kepri untuk menambah jam terbang saya menjadi wasit bulu tangkis,” katanya.

Adapun tournament yang sudah diikutinya, antara lain Lining- Banda Baru Open 2016 di Batam. “Ini turnamen pertama yang saya ikuti,” katanya.

Lalu, Kejuaraan Kabupaten Bintan 2017 di Bintan, Djarum Sirkuit Nasional – Lining Kepulauan Riau 2017 di Batam, Kejuaraan Antar Pelajar Provinsi 2017 di Batam, Kejuaraan Provinsi-Kejurprov 2017 di Bintan, BP Batam Banda Baru Open 2017 di Batam.

Kemudian, 02SN Kabupaten Bintan 2018, BBC RIVIC SPORT 2018 di Tanjungpinang, PPLP CUP2  2018 di Bintan, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2018 di Lingga, Daihatsu Astec Open 2018 di Batam, Kejuaraan Kabupaten 2018 di Bintan, Kejuaraan Provinsi-Kejurprov 2018 di Batam, Pekan Olahraga Provinsi- Porprov 2018 di Tanjungpinang, Lining Banda Baru Open 2018 di Batam, Bhakti Imigrasi Cup 2019 di Bintan, Ocean Land Cup 2019 di Bintan, Kejuaraan Provinsi-Kejuprov 2019 di Batam, Kejuaraan Antar Pelajar Provinsi 2019 di Batam, Batam Open 2022 di Batam.

Dia berharap ke depannya, ada generasi muda di era millenial saat ini agar dapat lebih aktif dan terus mengembangkan diri serta turut andil dalam setiap kegiatan yang dapat memajukan dunia olahraga di Indonesia.

“Pemuda harus berperan jangan baperan,” tegasnya. (*)

 

Reporter: Slamet Nofasusanto

Update