Sabtu, 20 Juli 2024

Belum Berhasil Bawa Indonesia Juara AFF, Shin Tae Yong Banjir Kritik, Dibela Coach Justin

Berita Terkait

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan timnas Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023. Garuda Muda kalah lewat adu penalti di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8) malam. (pssi)

batampos – Pertandingan final Piala AFF U23 Championship antara Indonesia U-23 melawan Vietnam U-23 pada Sabtu (26/8) berakhir dengan skor 5-6 lewat babak adu penalti dan dimenangkan oleh Vietnam.

Hasil tersebut membuat pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong dibanjiri kritik karena lagi-lagi gagal memberikan gelar trofi kepada Indonesia sejak didatangkan pada akhir Desember 2019 di masa kepemimpinan PSSI Mochammad Iriawan atau akrab disapa dengan Iwan Bule.

Dengan kegagalan meraih juara AFF U23 di tangan Shin Tae Yong, pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana atau biasa dikenal Coach Justin turut memberikan tanggapannya. Menurutnya ajang Piala AFF U23 ini adalah ajang ujicoba dan kekalahan kemarin tidak sepenuhnya salah dari Shin Tae Yong karena skuad yang dibawa merupakan pemain mayoritas baru tampil dan lebih melihat dari sisi permainan tim.

Coach Justin juga memberikan pandangan bahwa target sesungguhnya adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Piala Asia Senior di Qatar pada Januari 2024 mendatang.

“Sekali lagi saya tekankan kepada 275 juta penduduk di Indonesia agar tidak melihat dari segi trofi. Tapi lihatlah di tangan Shin Tae Yong kita bisa lolos ke Piala Asia 2024 di Qatar lewat jalur kualifikasi, kita juga sedang berjuang di kualifikasi Piala Asia U-23 itu jelas ajang yang lebih penting karena termasuk agenda FIFA” kata Coach Justin dikutip dari Youtube Pribadinya.

“Ajang AFF U-23 ini jadikanlah sebuah pembelajaran dan uji coba karena kita bisa belajar dari tim kuat seperti Thailand dan Vietnam, jujur gua nggak peduli mau juara atau tidak di ajang AFF U-23 ini terlebih skuad yang dibawa mayoritas masih baru,” tambah mantan pelatih timnas futsal tersebut.

Shin Tae Yong memang menjadi sorotan netizen di media sosial karena keputusannya menunjuk Ernando Ari sebagai algojo penalti di babak tos-tosan ketika menghadapi Vietnam U-23 kemarin (26/8). Terlebih masih banyak nama pemain seperti Muhammad Ferarri, Kadek Arel dan juga Elsa Sahrul yang bisa mengeksekusi tendangan tersebut.

Dengan kegagalan meraih juara di Piala AFF U-23 di Thailand, pelatih Korea Selatan tersebut langsung mengalihkan fokusnya di Kualifikasi Piala Asia U-23 yang rencananya digelar di Solo pada 9-12 September 2023 mendatang. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update