Sabtu, 3 Desember 2022

Banda Baru Raih Juara Umum Kejurkot PBSI Batam 2022

Berita Terkait

Selebrasi atlet Banda Baru usai memastikan meraih juara umum dalam kejurkot PBSI Batam yang digelar di GOR Banda Baru, 21-24 September. F. Ryan Agung/Batam Pos

batampos – Klub Banda Baru kembali berhasil menjadi juara umum dalam kejuaraan kota (kejurkot) PBSI Batam. Kejurkot PBSI Batam digelar di GOR Banda Baru, Batam 21-24 September.

Dalam kejurkot itu, Banda Baru berhasil meraih empat emas, lima perak dan enam perunggu. Peringkat kedua diduduki Jeny Putra Batam dengan raihan tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu. Tempat ketiga diduduki oleh Avinza Badminton Club dengan raihan satu emas dan tiga perunggu.

Untuk diketahui, ini adalah kali ketiga Banda Baru berhasil menjadi juara umum kejurkot secara berturut-turut. Karenanya, Piala Bergilir PBSI Batam menjadi milik Banda Baru secara permanen.

Ketua PBSI Batam Alvian mengatakan kejurkot PBSI Batam diselenggarakan secara rutin setiap harinya. “Kejuaraan ini diikuti 23 klub se-Kota Batam,” tuturnya, Sabtu (24/9).

“Selain itu, kejurkot ini diikuti 249 atlet bulu tangkis yang berlaga di nomor pra usia dini, usia dini, anak-anak, remaja taruna, dewasa, dan veteran,” tambah Alvian.

Ia juga menuturkan jika kejurkot PBSI Batam 2022 ini mempertandingkan 14 kategori perlombaan untuk kategori pembinaan. Kejurkot PBSI Batam juga mempertandingkan nomor dewasa, ganda putra dewasa, dan ganda putra veteran.

Alvian menjelaskan kejurkot PBSI Batam adalah agenda resmi yang digelar setiap tahunnya. Ia mengatakan atlet yang meraih prestasi di kejurkot PBSI Batam akan dikirim untuk berlaga di kejuaraan provinsi (kejurprov) PBSI Kepri.

“Kejurprov PBSI Kepri akan digelar Selasa (27/9). Pemain yang berhasil masik semifinal kejurkot PBSI Batam akan dikirim untuk berlaga di kejurprov PBSI Kepri,” urai Alvian.

Selain medali, lanjut Alvian, kejurkot memperebutkan medali dan hadiah uang tunai. Selain juga memperebutkan trofi juara umum.

Selain kejurkot, beberapa event juga digelar oleh PBSI Kota Batam. “Seperti kejuaraan tingkat pelajar, antarklub, dan beberapa kejuaraan lainnya,” tuturnya.

“Kami juga menggelar kejuaraan di mall-mall untuk meningkatkan gairah bulu tangkis di Batam,” kata Alvian.

Terkait perkembangan bulu tangkis di Batam, Ia mengatakan animo masyarakat Batam terus meningkat dari tahun ke tahun. Terbukti, semakin banyak bermunculan sarana dan prasarana bulu tangkis di Batam.

“Dalam pembinaan prestasi, PBSI batam berhasil menyapu bersih juara seluruh nomor yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kepri 2022,” seru Alvian.

Di tingkat provinsi, Alvian mengatakan jika Batam masih diunggulkan. Karenanya diajang Porprov V Kepri 2022 yang digelar di Bintan nanti, Alvian mengatakan pihaknya siap meraih prestasi Maksimal.

“Target kita sapu bersih medali emas di Porprov V Kepri 2022,” tegas dia. “Di porprov akan akan dipertandingkan lima nomor pertandingan. Tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran,” ucap Alvian.

Ia berharap, bulu tangkis Batam semakin maju dan berkembang. “Tahun ini banyak bermunculan klub baru di Batam. 10 klub di tahun ini,” tuturnya.

“Semoga di masa-masa mendatang bakin banyak klub baru yang muncul di Batam. banyaknya klub yang muncul menunjukkan antusiasme masyarakat akan bulu tangkis. Tingginya antusiasme akan bulu tangkis, diharapkan akan berefek pada peningkatan prestasi atlet,” harap Alvian.

Banyaknya klub bar, menurutnya, akan memicu persaingan dan ini yang akan meningkatkan prestasi bulu tangkis Batam. Munculnya klub bulu tangkis baru di Batam juga menjadi awal untuk memunculkan bibit-bibit baru bulu tangkis Batam.

“Lebih kopetitif, dan nanti akan memunculkan bintang-bintang bulu tangkis baru dari Batam,” tutup Alvian. (*)

 

 

Reporter: RYAN AGUNG

Update