Sabtu, 3 Desember 2022

Balapan ke-900 WSBK di Mandalika, Toprak Menang

Berita Terkait

Pebalap Pata Yamaha with Brixx Toprak Razgatlioglu tampil dominan dan berhasil memenangi balapan pertama (Race 1) World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11). (WSBK)

batampos – Pebalap Pata Yamaha with Brixx Toprak Razgatlioglu tampil dominan dan berhasil memenangi balapan pertama (Race 1) World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11). Balapan pada Sabtu (12/11) merupakan balapan ke-900 World Superbike (WSBK).

Ini menjadi keberhasilan ke-12 bagi pebalap asal Turki itu musim ini naik podium pertama. Selain, itu menunda juara Alvaro Bautista yang memang dalam poin sementara unggul dari Toprak. Bautista, pebalap Aruba.it Racing-Ducati, kini telah mengumpulkan 527 poin dan berada di puncak klasemen sementara pebalap. Sementara, Toprak berada di posisi kedua dengan 450 angka.

Baca Juga: Simak Jadwal Piala Dunia Qatar 2022 di Sini

Bautista sendiri semakin dekat dengan gelar juara dunia setelah finis peringkat kedua dalam balapan Sabtu (12/11). Pebalap Spanyol itu memimpin dengan selisih 77 poin memasuki balapan Minggu (13/11), dengan hanya tersisa 99 poin yang akan diperebutkan hingga musim ini berakhir.

Toprak terus memimpin sejak balapan dimulai dan posisinya sulit digeser hingga melewati garis finis. Andrea Locatelli dan Jonathan Rea sempat membuntuti pebalap Turki itu di posisi dua dan tiga. Bautista sendiri memulai Race 1 dari posisi empat.

Bautista perlahan-lahan bisa naik ke peringkat dua setelah berhasil menyalip Locatelli dan Rea. Setelah itu, pebalap asal Spanyol tersebut langsung mengincar posisi Toprak yang nyaman di P1.

Bautista awalnya terpaut 3 detik dari Toprak, tetapi dia bisa memangkas jarak semakin dekat di tujuh lap tersisa.

Baca Juga: Ducati Sudah Mulai Menebar Ancaman

Perlawanan Bautista akhirnya mulai berkurang di beberapa lap terakhir. Toprak perlahan bisa menjauh dari Bautista dan menjadi pemenang di race 1 WSBK Mandalika 2022. Sementara itu, P3 diraih oleh Jonathan Rea dan disusul oleh Andrea Locatelli di peringkat keempat.

Meski begitu, Bautista tetap girang bisa meraih podium kedua. Pasalnya, dia memulai balapan dari posisi 5. Bautista juga mengatakan tak pernah berpikir bisa mengejar Toprak. Namun, dia mampu melakukannya dan nyaris melewatinya.

“Saya tidak pernah berpikir untuk mengejar Toprak,” ucap Bautista seusai balapan, Sabtu (12/11).

Baca Juga: Amerika Serikat, Kontestan Piala Dunia 2022 yang Pertama Mendarat di Qatar

Dengan berada di posisi kedua, peluang Bautista untuk menjadi juara dunia WSBK terbuka lebar. Bautista bisa mengunci gelar juara dunia pada Minggu (13/11) pada race 2. Andai tertunda, Bautista bisa melakukannya di Phillip Island, 18-20 November 2022.

10 Pebalap Teratas Race 1 WSBK Mandalika 2022:

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)
2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)
3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)
4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)
5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati)
6. Xavi Vierge (Team HRC)
7. Garet Gerloff (GYTR GRT Yamaha)
8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)
9. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team)
10. Loris Baz (Bonava Action BMW)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update