Selasa, 27 September 2022

Bagi Marc Marquez Kembali ke Lintasan Adalah Pemulihan

Berita Terkait

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez ambil bagian di tes MotoGP di Sirkuit Misano, San Marino, Italia. (6/9/2022) (Honda Racing Corporation/Antara)

batampos – Jagoan Repsol Honda Marc Marquez tidak akan melewatkan kesempatan kedua balapan di Spanyol tahun ini.

Seperti dilansir Crash, dia punya kesempatan besar kembali ke lintasan pada GP Spanyol di Sirkuit Aragon, Alcaniz (18/9).

Kampiun MotoGP enam kali itu sebelumnya absen sejak GP Spanyol pertama yang digeber di Sirkuit Catalunya, Barcelona (5/6).

Dia absen karena harus menjalani operasi keempat lengan kanan. Proses pemulihannya membuat Marquez harus melewatkan enam race atau menepi selama empat bulan.

Nah, sejak dinyatakan pulih pekan lalu, peluang Marquez tampil akhir pekan ini semakin terlihat.

Dimulai dengan tes di Sirkuit Misano, Emilia-Romagna, pekan lalu hingga tes menggunakan CBR600 di Sirkuit Aragon kemarin waktu setempat.

’’Seperti yang Anda lihat, aku tersenyum, yang berarti akan berada di GP Aragon,’’ ucap Marquez pada video yang diunggahnya di Instagram.

’’Setelah berdiskusi dengan dokter dan tim, kami telah memutuskan bahwa yang terbaik untuk pemulihanku adalah melanjutkan kembali ke lintasan demi kesiapan tahun depan. Comeback di Aragon akan istimewa,’’ ujarnya

Kepastian tersebut menjawab simpang siur peluangnya come back sejak pekan lalu.

Ya, meski tampil di tes Sirkuit Misano, Marquez sempat mengaku dirinya lebih banyak menderita daripada menikmati tes tersebut. Meski, kondisi lengannya sudah jauh lebih baik.

Meski begitu, pembalap 29 tahun tersebut masih sanggup menyelesaikan 100 putaran dalam tes di Sirkuit Misano. Dia hanya tertinggal 0,588 detik dari pembalap Monster Yamaha Fabio Quartararo di tempat teratas.

’’Di tikungan kiri aku sudah merasa lebih baik daripada sebelumnya. Tetapi, di tikungan kanan, aku masih kurang kuat. Overall, aku nyaman sepanjang di lintasan,’’ ujar Marquez.

Kembalinya Marquez jelas merupakan berita bagus bagi Honda, yang tengah melakoni musim terburuknya di kategori tertinggi grand prix.

Mereka baru sekali naik podium pada balapan pembuka musim di Qatar lewat Pol Espargaro.

Di sisi lain, meski melewatkan separo musim 2022, Marquez tetap menjadi pembalap Honda dengan posisi dan poin tertinggi di klasemen.

Dia mengoleksi 60 poin, unggul 14 poin atas Takaaki Nakagami yang baru saja memastikan posisinya di LCR Honda untuk musim 2023. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

 

Update