Selasa, 27 Februari 2024

Bagas/Fikri Jaga Asa Juara Thailand Masters 2024

Berita Terkait

Penampilan Bagas Maulana/Shohibul Fikri saat melawan Taiwan. (PBSI)

batampos – Upaya BaKri atau Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengakhiri paceklik gelar dapat tantangan berat. Keduanya akan berhadapan dengan unggulan kelima asal Tiongkok He Ji Ting/Ren Xiang Yu di babak semifinal nomor ganda putra dalam Thailand Masters 2024 Sabtu siang waktu setempat.

Di atas kertas, BaKri diunggulkan bisa menang sekaligus melaju ke final. Di Thailand Masters 2024, mereka diunggulkan di posisi kedua sedang He Ji Ting/Ren Xiang Yu di posisi kelima. Selain itu, dalam peringkat dunia, BaKri juga lebih baik. Dalam peringkat dunia terakhir yang dikeluarkan 30 Januari 2024, BaKri ada di ranking kesembilan dan lawannya ke-16.

Begitu juga dalam rekor pertemuan, pasangan Indonesia tersebut lebih unggul. Pertemuan itu terjadi di babak semifinal French Open 2023. Dalam pertandingan yang dilaksanakan 28 Oktober 2023 di Glaz Arena itu, BaKri menang dengan susah payah tiga game 21-16, 19-21, 22-20.

Hanya, semua tersebut bukan jaminan. Permainan ganda Tiongkok selama ini menjadi salah satu pengganjal ganda Indonesia di berbagai turnamen.

Kedua pasangan berjumpa setelah mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak perempat final yang dilaksanakan di Bangkok pada Jumat. Bakri menang 15-21, 21-9, 21-18 atas ganda Taiwan unggulan ketujuh Lee Jhe-Hue/Yang Po-Hsuan. Sementara He Ji Ting/Ren Xiang Yu menang straight game 21-18,21-14 atas Andreas Sondergaard/Jesper Toft dari Denmark.

”Di game ketiga saat ketinggalan skor 13-18, kami sebenarnya sempat pasrah karena perbedaan poinnya begitu jauh. Tetapi kami tetap tenang dan terus saling mengingatkan dengan partner di lapangan. Kami tetap bersemangat dan berusaha mencari satu demi satu poin hingga akhirnya bisa menang,” kata Bagas seperti dikutip dari Humas PBSI.

Sejak menjadi juara All England 2022, BaKri belum pernah merasakan menjadi juara. Paceklik gelar yang termasuk sangat panjang karena hampir dua tahun. Pada 2023, BaKri nyaris juara dengan lolos ke final France Open 2023, Tapu di babak final, keduanya kalah 14-21, 21-10, 18-21 dari ganda Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Di Thailand Masters 2024, selain BaKri, PP PBSI juga memgirim dua pasangan lain. Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang diunggulkan di posisi ketiga, dan pasangan Rahmat Hidayat Yeremia Rambitan. Sayang, kedua pasangan sama-sama tersingkir di babak 16 besar. (*)

SourceJPGroup

Update