Selasa, 27 Februari 2024

Badai Tropis Ancam MotoGP Thailand Akhir Pekan Ini

Berita Terkait

Pekerja sedang berupaya mengeringkan permukaan Sirkuit Buriram pada September 2019. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

batampos – Satu dari empat balapan MotoGP tersisa musim ini bakal digelar di Thailand. Namun, badai tropis diperkirakan datang pada akhir pekan ini (2/10) ketika GP Thailand berlangsung di Sirkuit Internasional Buriram.

Badai tersebut merupakan bawaan topan Super Noru yang muncul sejak akhir pekan lalu (25/9). Topan tersebut terus bergerak ke barat dari wilayah Jepang menuju Filipina dan Vietnam.

Hujan lebat disertai petir dan angin tersebut diperkirakan sampai di wilayah Thailand akhir pekan ini.

Saat MotoGP menggelar GP Jepang Minggu (25/9) lalu, cuaca ekstrem sudah sempat mengganggu jalannya sesi latihan bebas alias free practice (FP) pada Sabtu (24/9). FP3 bahkan sampai ditiadakan.

’’Topan Super Noru diperkirakan akan membawa hujan dan badai saat MotoGP kembali digelar di Sirkuit Buriram yang terletak sekitar 400 km di timur laut Bangkok,’’ tulis AFP dalam laporan mereka kemarin (28/9).

Jika perkiraan cuaca tersebut benar, itu tentu membuat para pembalap tidak bisa bertarung maksimal di GP Thailand.

Padahal, dengan empat balapan tersisa, pembalap yang berada di tiga besar klasemen sementara harus bertarung habis-habisan dalam perburuan gelar juara dunia.

Tiga pembalap yang terlibat tersebut adalah Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati), dan Aleix Espargaro (Aprilia).

Apalagi, di GP Jepang kemarin, ketiganya tidak bisa meraih poin maksimal.

Quartararo hanya finis di posisi kedelapan. Espargaro di posisi ke-16. Sementara itu, Bagnaia malah gagal finis lantaran terjatuh di lap terakhir.

’’Apa pun kondisinya, kami akan mencoba memacu motor dengan maksimal (di GP Thailand),’’ ucap Quartararo dilansir AFP.

Pimpinan klasemen pembalap sementara tersebut saat ini berada dalam posisi terjepit karena jarak poinnya dengan Bagnaia masih tipis, yakni terpaut 18 poin.

Di lain sisi, ada kabar baik dari pembalap Indonesia Mario Suyo Aji yang tampil di Moto3 bersama Honda Team Asia.

Tim asal Jepang itu kemarin mengumumkan telah resmi memperpanjang kontrak pembalap asal Magetan, Jawa Timur, tersebut untuk tetap tampil di ajang Moto3 tahun depan.

’’Saya banyak belajar, mengambil pengalaman, dan berhasil mengambil beberapa poin penting tahun ini.”

”Saya akan bekerja keras agar bisa lebih kuat musim depan. Terima kasih atas kepercayaan semua pihak kepada saya,’’ ucap Mario dalam rilis resmi Honda. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update