Sabtu, 22 Januari 2022

Atletico Terbenam, Athletic Bilbao ke final Piala Super Spanyol

Berita Terkait

Selebrasi Yeray Alvarez setelah mencetak gol penyeimbang Athletic Bilbao dalam pertandingan semifinal Piala Super Spanyol lawan Atletico Madrid di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (14/1). (Albert Gea/Reuters/Antara)

batampos – Athletic Bilbao melaju ke final Piala Super Spanyol setelah mengalahkan Atletico Madrid 2-1 di King Fahd International Stadium pada Jumat (14/1) dini hari WIB, demikian catatan laman resmi RFEF seperti dilansir dari Antara.

Atletico Madrid memimpin terlebih dahulu lewat gol bunuh diri kiper Unai Simon, yang kemudian dibalas Athletic Bilbao lewat dua gol dari Yeray Alvarez dan Nico Williams. Atletico menciptakan peluang saat pertandingan baru berjalan dua menit ketika tendangan kaki kanan Joao Felix dari dalam kotak penalti mengirim bola melambung tinggi dari gawang Simon.

Athletic Bilbao menciptakan peluang emas pada menit ke-9. Umpan terobosan Oihan Sancet ke tengah kotak penalti diteruskan dengan tendangan Inaki Williams. Namun, bola masih bisa diselamatkan kiper Jan Oblak.

Pada menit ke-20 Atletico memberikan ancaman lewat upaya Yannick Carrasco dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan kaki kanannya masih bisa mengarah tepat ke pelukan Simon.

Athletic Bilbao membalas tujuh menit kemudian. Kali ini giliran Dani Garcia melepaskan tendangan jarak jauh, tetapi bola masih meleset dari gawang Oblak.

Gelandang Atletico, Geoffrey Kondogbia memiliki peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-39. Bermula dari aksi individu Carrasco melewati dua pemain di sisi kanan, dia kemudian memberikan umpan ke Marcos Llorente ke sisi lainnya.

Llorente lalu mengirim bola ke tengah sebelum disambar Kondogbia dengan tendangan mendatar dari luar kotak penalty. Sayangnya Unai Simon masih bisa menghentikan bola dengan baik.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, kedua tim tetap bermain menyerang dan sama-sama menciptakan peluang. Namun, belum ada gol yang tercipta. Atletico akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-61. Sundulan Joao Felix di kotak penalti mengenai tiang gawang kemudian Unai Simon sebelum menjadi gol. Skuad Diego Simeone unggul 1-0.

Athletic Bilbao langsung merespons melalui sundulan Alvarez di kotak penalti setelah memanfaatkan tendangan bebas Iker Muniain dari sisi kanan. Namun, refleks cepat Jan Oblak masih bisa menggagalkan upaya tersebut.

Gol penyeimbang Athletic Bilbao muncul pada menit ke-76 lewat skema bola mati saat tendangan sepak pojok Muniain disundul Yeray Alvarez ke gawang Oblak. Kemudian, mereka secara luar biasa membalikkan keunggulan pada menit ke-80 saat sepak pojok Dani Garcia disambar Nico William dengan kaki kirinya ke pojok kiri bawah gawang Oblak.

Menjelang berakhirnya pertandingan, pemain Atletico Madrid Jose Gimenez mendapatkan kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran ke Inigo Martinez. Athletic Bilbao menutup pertandingan dengan comeback luar biasa dan berhak melaju ke final Piala Super Spanyol. Mereka ditunggu Real Madrid yang telah menyingkirkan Barcelona 3-2. (*)

Reporter: Antara

 

Update