Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung dengan Port FC Thailand

0
26
Asnawi Mangkualam resmi pindah dari Chunnam Dragons di Liga Korea Selatan ke Port FC di Liga Thailand. (Port FC)
Asnawi Mangkualam resmi pindah dari Chunnam Dragons di Liga Korea Selatan ke Port FC di Liga Thailand. (Port FC)

batampos – Pergolakan bursa transfer sepak bola memasuki babak akhir dengan kejutan yang menyita perhatian. Port FC secara resmi mengumumkan akuisisi pemain kunci, Asnawi Mangkualam, kapten Timnas Indonesia. Kesepakatan ini menjadi puncak penutupan transfer yang mencengangkan pada musim 2023/2024.

Asnawi Mangkualam, yang baru berusia 24 tahun, telah mencuri perhatian sebagai bek kanan yang andal dan kapten yang memimpin Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. Gol krusialnya melawan Vietnam membuktikan bahwa dia bukan hanya pemain bertalenta, tetapi juga pemimpin yang mampu menginspirasi rekan-rekannya di lapangan.

Sebelum kepindahannya ke Port FC, Asnawi Mangkualam memiliki pengalaman bermain di K League 2 Korea Selatan bersama Chunnam Dragons. Meski begitu, pilihan untuk beralih ke Liga Thailand dengan Singha Chao Tha menjadi langkah berani, mengingat prestisiusnya liga tersebut. Dia akan menjadi pemain kedua asal Indonesia yang memperkuat klub ini setelah Terens Puhiri pada musim 2018.

Asnawi Mangkualam bukanlah sosok baru di panggung sepak bola internasional. Sejak bermain di level junior U-16, U-19, U-23, hingga mencapai tim senior, perjalanan kariernya di timnas Indonesia telah memberikan kontribusi besar. Dengan 38 pertandingan di usianya yang masih muda, Asnawi Mangkualam telah mengukir prestasi di berbagai kompetisi, termasuk menjadi bagian dari tim juara AFF 2020.

Prestasinya di tingkat klub pun tidak bisa diabaikan. Sejak pindah ke K League 2 bersama Ansan Greeners pada 2021, Asnawi Mangkualam telah menjadi kekuatan penting di lini belakang Chunnam Dragons, dengan 27 pertandingan yang mencerminkan ketangguhannya. Angka-angka ini hanyalah bukti dari dedikasi dan kualitas yang dimiliki Asnawi Mangkualam sebagai pemain sepak bola profesional.

Puncak kariernya di tingkat klub adalah ketika dia meraih gelar Best Rising Star musim 2018/2019 dan masuk dalam Team of the Year 2019. Ini adalah pengakuan bagi kualitas sepak bola Asnawi Mangkualam yang tidak hanya dirasakan di Indonesia, tetapi juga di panggung internasional.

Dengan kepindahannya ke Port FC, Asnawi Mangkualam membawa harapan dan ekspektasi baru. Peran barunya di tim ini akan menjadi tantangan tersendiri, tetapi sejalan dengan pengalaman dan kualitasnya, Asnawi Mangkualam diyakini mampu memberikan kontribusi signifikan untuk kesuksesan Port FC di kompetisi mendatang.

Namun, sebelum melangkah ke panggung sepak bola Thailand, Asnawi Mangkualam masih harus menyelesaikan tugasnya bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dalam perjalanan menuju babak 16 besar, skuad Garuda akan menghadapi Australia pada 28 Januari 2024.

Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya akan mencoba memperpanjang prestasi mereka dan membuktikan bahwa keberhasilan di tingkat klub dapat membawa dampak positif di level internasional.

Dengan akuisisi Asnawi Mangkualam, Port FC memberikan pernyataan kuat di kancah transfer musim ini. Pertanyaan besar mengenai bagaimana Asnawi Mangkualam akan beradaptasi dengan tim barunya dan bagaimana dia akan mempengaruhi performa Port FC akan menjadi fokus perbincangan di kalangan pencinta sepak bola. Sebuah babak baru dimulai untuk Asnawi Mangkualam, dan semua mata tertuju pada langkah-langkah briliannya bersama Port FC.(*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini