Arab Saudi Tersingkir, Uzbekistan Jadi Lawan Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

0
25
Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 dengan mengandaskan Korea Selatan melalui drama adu penalti dengan skor 11-10 (2-2). (PSSI)
Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 dengan mengandaskan Korea Selatan melalui drama adu penalti dengan skor 11-10 (2-2). (PSSI)

batampos – Tim nasional Uzbekistan U-23 jadi lawan Indonesia U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menghajar Arab Saudi di babak perempat final. Uzbekistan U-23 membungkam Arab Saudi U-23 dua gol tanpa balas, 2-0 pada babak perempat final Piala Asia U-23 atau AFC Cup U-23 2024 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Jumat malam WIB.

Memulai babak pertama kedua tim langsung bermain dengan intensitas tinggi dengan saling jual beli serangan. Uzbekistan yang menerapkan garis pertahanan rendah bermain lebih bersabar dengan menunggu proses serangan balik, sedangkan Arab Saudi mencoba membongkar pertahanan lawan melalui dua lini serang sayap yang dikomandoi pemain Al-Nassr, Ayman Yahya.

Terus ditekan sepanjang babak pertama berlangsung, Uzbekistan mampu memanfaatkan momentum usai pressing tinggi membuat pertahanan Arab Saudi lengah. Abbosbek Fayzullaev yang melihat ruang kosong di baris pertahanan Arab Saudi, melepaskan umpan terobosan yang langsung disepak oleh Khusayin Norchaev untuk membawa Uzbekistan unggul di penghujung babak pertama.

Tertinggal di babak pertama, Arab Saudi terus menebar ancaman. Namun sepakan dari Abu Al Shamat masih melambung dari gawang Nematov. Di menit ke-54, melalui skema tendangan bebas, Faisal Al-Ghamdi masih belum mampu melepaskan tembakan yang mengancam ke gawang Nematov usai tembakannya melebar ke sisi gawang.

Petaka justru terjadi kepada Arab Saudi yang tampil mendominasi. Pada menit ke-70, Ayman Yahya harus diusir dari lapangan usai menerima kartu kuning kedua karena melanggar pemain Uzbekistan.

Meski unggul jumlah pemain, Uzbekistan gagal meladeni permainan keras di sektor tengah yang ditampilkan Arab Saudi. Pada menit ke-80, Khusayin Norchaev harus ditarik keluar lapangan usai mengalami benturan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Uzbekistan menambah keunggulan pada menit ke-84, melalui sepakan Alisher Odilov yang gagal diantisipasi dengan baik Abu Al Shamat. Rahmonaliev yang mendapatkan bola liar langsung menyundul bola ke sisi jauh dan membawa Uzbekistan unggul 2-0.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, Uzbekistan mempertahankan kedudukan 2-0 atas Arab Saudi. Atas kemenangan ini, Uzbekistan memperoleh tiket menuju semifinal dan telah ditunggu Indonesia yang sebelumnya menyingkirkan salah satu kandidat kuat juara, Korea Selatan pada babak perempat final.

Susunan pemain

Uzbekistan (4-2-3-1): Abduvakhid Nematov (PG); Ibrokhimkhalil Yuldoshev, Alibek Davronov, Mukhammadkodir Khamraliev, Abdukodir Khusanov; Abbosbek Fayzullaev, Abdurauf Buriev; Diyor Kholmatov, Jasurbek Jaloliddinov, Ruslanbek Jiyanov; Khusayin Norchaev.

Arab Saudi (4-4-2): Mohammed Al Absi (PG); Mohammed Abu Al Shamat, Meshal Khairallah, Rayan Hamed, Zakaria Al Hawsawi; Ahmed Al Ghamdi, Eid Al Muwallad, Faisal Al Ghamdi, Haitham Asiri; Ayman Yahya, Abdullah Radif.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini