Rabu, 24 Juli 2024

Ada Andil Asnawi Mangkualam saat Lionel Messi Meraih FIFA BEST Player 2023

Berita Terkait

Asnawi Mangkualam telah pulih dari cedera dan bersiap menghadapi Irak di Grup D Piala Asia 2023. (Instagram Aswani Mangkualam)

batampos – Lionel Messi menerima penghargaan FIFA Best Player 2023. La Pulga mengalahkan pesaing terdekatnya, Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Hal ini menjadikan pria Argentina itu sudah memenangkannya selama tiga kali dalam kariernya.

Penghargaan FIFA Best Player ini dibagi menjadi 12 kategori, seperti Best Men’s dan Women’s Player, Best Men’s dan Women’s Coach, Best Men’s dan Women’s Goalkeeper, Puskas Awards (gol terbaik), FIFA Fan Award yang dibagi lagi menjadi tiga bagian.

Penghargaan pemain, pelatih, dan kiper terbaik FIFA dipilih oleh kapten, pelatih, jurnalis dari setiap negara. Dalam pelaksanaannya, Indonesia diwakili oleh Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam.

Dalam penghargaan yang dimenangkan Lionel Messi, ternyata ada andil besar Kapten Timnas Indonesia, Asnawi. Sebab mantan pemain PSM Makassar itu memilih Lionel Messi di urutan pertama.

Selain Messi, Asnawi juga memasukkan nama Erling Haaland dan Kylian Mbappe di posisi kedua dan ketiga.

Diketahui, poin yang didapat posisi pertama akan mendapatkan 5 poin, selanjutnya 3 poin dan yang terakhir 1 poin.

Di klasemen akhir, Lionel Messi dan Erling Haaland memiliki hasil yang sama, yakni 48 poin.

Meski memiliki poin yang sama dengan Haaland, La Pulga berhak memenangkan penghargaan tersebut karena lebih banyak mendapat suara dari kapten tim nasional putra.

Dalam perolehannya, Messi memenangkan suara dari dukungan kapten tim nasional dan fans, sementara Haaland menang dari dukungan pelatih dan jurnalis.

Di sinilah andil Asnawi untuk memenangkan La Pulga, andai dia tak memilih Messi, bisa jadi Haaland yang akan memenangkan penghargaan tersebut.

Messi menjadi pemain pertama yang mampu memenangkan penghargaan ini sebanyak tiga kali. Sayangnya, Messi tak menghadiri malam penghargaan yang dilaksanakan di Inggris karena harus mengikuti persiapan pra musim Inter Miami FC. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update