Sabtu, 26 Oktober 2024

Timnas Indonesia U-17 Lumat Kepulauan Mariana Utara U-17 dengan Sepuluh Gol Tanpa Balas

Berita Terkait

Timnas Indonesia U-17 menang 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara U-17 di kualifikasi Piala Asia U-17 2025. (Dok. PSSI)

batampos – Timnas Indonesia U-17 kembali meraup kemenangan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Menghadapi Kepulauan Mariana Utara U-17 pada matchday kedua grup G, tim besutan Nova Arianto itu sukses meraih kemenangan telak 10-0 di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Meshraf, Kuwait, Jumat (15/10) malam.

Kemenangan Timnas Indonesia U-17 ini sebenarnya sudah terprediksi sejak awal. Sebab terdapat perbedaan level yang cukup signifikan antara Garuda Muda dengan Kepulauan Mariana Utara.

Perbedaan level itu langsung terlihat saat laga dimulai. Timnas Indonesia U-17 hanya butuh waktu dua menit untuk membuka keunggulan. Adalah Muhammad Zahaby Gholy yang sukses mencatatkan gol perdana untuk Garuda Muda.

Pilar Persija Jakarta itu mencetak gol usai memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Timnas Indonesia U-17 pun langsung unggul cepat 1-0 atas Kepulauan Mariana Utara U-17.

Garuda Muda kemudian menggandakan keunggulan tujuh menit kemudian. Ya, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol keduanya lewat tendangan terarah Gholy. Wonderkid Persija Jakarta itupun membuat Indonesia unggul 2-0 padahal laga belum berjalan 10 menit.

Keran gol Timnas Indonesia U-17 seolah tak berhenti. Memasuki menit ke-15, giliran Muhammad Aldyansyah yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol ketiga Garuda Muda usai melepaskan tembakan kaki kiri akurat.

Empat menit berselang, Timnas Indonesia memperlebar keunggulan jadi 4-0. Evandra Floresta aktor di balik gol menit ke-19 tersebut setelah meneruskan umpan Gholy.

I Komang Gelgel berhasil mencetak gol kelima untuk Timnas Indonesia U-17. Pemain asal Bali itu mencatatkan namanya dalam papan skor pada menit ke-23 dengan memanfaatkan bola rebound sundulan Aldyansyah Taher yang membentur mistar.

Aldyansyah Taher kemudian menambah golnya semenit berselang. Dia mengikuti Gholy yang mencetak brace dan membawa Timnas Indonesia U-17 unggul makin jauh menjadi 6-0.

Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia tak berhenti menggempur. Serangan demi serangan dan peluang demi peluang terus diciptakan oleh Garuda Muda. Tapi penyelesaian akhir tetap jadi persoalan.

Timnas Indonesia U-17 baru bisa menambah gol pada menit ke-43 alias dua menit jelang paro awal berakhir dalam waktu normal. Gol yang dicetak oleh Komang Gelgel untuk kedua kali itu sekaligus menutup keunggulan 7-0 Garuda Muda di babak pertama.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan sama sekali. Hanya saja, kesuburan dan efektivitas Garuda Muda di 45 menit kedua tak seistimewa babak pertama.

Garuda Muda baru bisa memperlebar keunggulannya pada menit ke-70, setelah Ida Bagus Cahya Pramana melakukan tendangan first time usai memanfaatkan umpan silang Lucas Lee. Skor berubah jadi 8-0.

Memasuki menit akhir, Timnas Indonesia U-17 mencetak dua gol tambahan. Adalah Daniel Alfredo yang mencetak gol kesembilan pada menit ke-89 dan Fadly Alberto Hengga dua menit berselang.

Daniel Alfredo mencetak gol lewat sontekan di depan gawang menuntaskan umpan silang rendah Aldyansyah Taher. Sementara Fadly Alberto Hengga mencatatkan namanya di papan skor juga setelah mengkonversi umpan Taher jadi gol.

Skor 10-0 pun jadi hasil akhir Timnas Indonesia U-17 melawan Kepulauan Mariana Utara U-17. Ini jadi kemenangan kedua yang diraih Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, setelah sebelumnya mengandaskan tuan rumah Kuwait U-17 dengan skor tipis 1-0.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-17 untuk sementara berada di puncak klasemen grup G. Posisi itu bisa berubah jika Australia berhasil mengalahkan tuan rumah Kuwait U-17. (*)

SourceJPGroup

Update