Jumat, 18 Oktober 2024

Indonesia Masih Berpeluang Maju ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Australia Menanti

Berita Terkait

Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman berjibaku menghadang Ayase Ueda. Indonesia kalah dari Jepang, tapi masih ada peluang lolos lewat sejumlah skenario. (Dok. PSSI)

batampos – Timnas Indonesia merasakan getirnya kekalahan 1-3 dari Jepang pada pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1) malam kemarin.

Sebelum pertandingan ini, peluang Timnas Indonesia untuk lolos sebagai runner-up Grup D masih ada, namun kekalahan ini membuat predikat tersebut jatuh ke tangan tim asuhan Hajime Moriyasu.

Meski demikian, nasib Timnas Indonesia belum sepenuhnya habis. Mereka masih bisa melenggang ke babak 16 besar sebagai tim peringkat ketiga terbaik dengan menanti hasil laga terakhir Grup E dan F yang akan digelar pada Kamis (25/1) malam ini.

Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan harus menunggu hasil pertandingan antara Bahrain kontra Yordania, Korea Selatan kontra Malaysia di Grup E, serta pertarungan antara Oman dan Kirgistan di Grup F.

Meski statusnya masih dalam ketidakpastian, Timnas Indonesia sudah bisa memperkirakan siapa yang akan menjadi lawan mereka di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Berdasarkan bagan turnamen babak 16 besar terkini, Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Australia jika berhasil melangkah ke fase selanjutnya.

Saat ini, Suriah dari Grup B dan Palestina dari Grup C sudah memastikan diri lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Sementara dua slot tersisa akan diperebutkan oleh Indonesia dari Grup D, dan dua tim dari Grup E dan F.

Jika Timnas Indonesia berhasil lolos, maka Australia sudah menanti sebagai lawan di 16 besar. Untuk diketahui, Socceroos berhasil meraih gelar juara Grup B setelah mengalahkan India 2-0, Suriah 1-0, dan bermain imbang 1-1 dengan Uzbekistan.

Kondisi ini menjadikan Australia sebagai lawan yang tidak mudah bagi Timnas Indonesia, dan pertandingan ini bakal menjadi ujian sejati untuk Timnas Indonesia andai mereka lolos.

Jika Timnas Indonesia gagal lolos, maka Palestina akan menjadi negara yang berhadapan dengan Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Bagi para pecinta sepakbola Tanah Air, drama perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 ini menjadi tontonan yang penuh emosi. Mereka berharap agar Asnawi Mangkualam Bahar dan rekan-rekannya mampu melampaui semua ekspektasi dan memberikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, penampilan Timnas Indonesia di 16 besar Piala Asia 2023 juga menjadi momentum penting untuk mengukur kemajuan sepakbola Indonesia di tingkat Asia. Kepiawaian para pemain dan strategi yang diterapkan oleh pelatih Shin Tae-yong akan menjadi sorotan utama dalam pertandingan melawan Australia.

Satu hal yang pasti, pertandingan Timnas Indonesia di 16 Besar Piala Asia 2023 akan menjadi sorotan utama dan menarik perhatian pecinta sepakbola Tanah Air. Semoga Timnas Indonesia mampu mengatasi semua rintangan dan mengukir prestasi gemilang di kancah internasional. (*)

SourceJPGroup

Update