Rabu, 24 Juli 2024

5 Negara yang Diprediksi akan Mencuri Perhatian di Babak 16 Besar Euro 2024

Berita Terkait

Turki menjadi tim yang mencuri perhatian di Euro 2024 (F.Instagram @millitakimlar)

batampos – Euro 2024 sudah memastikan 16 negara terbaik untuk merebut gelar raja Eropa. Babak 16 besar akan dimulai dari pertandingan Swiss melawan Italia pada Sabtu (29/6) pukul 23.00 WIB.

Dari 16 tim, ada beberapa negara langganan lolos ke babak 16 besar. Beberapa negara juga ada yang mampu mencuri perhatian karena penampilannya yang menarik. Selain itu, ada negara yang baru pertama kali lolos ke babak tersebut. Siapa saja negara tersebut, berikut daftarnya.

1. Austria
Beberapa orang lebih menjagokan Prancis dan Belanda yang menjadi juara dan runner-up grup D. Namun, Austria yang menjadi juara grup dengan meraih dua kemenangan melawan Polandia dan Belanda. Tim muda asuhan pelatih Ralf Rangnick bahkan sangat produktif dengan mencetak enam gol.

Dilansir UEFA, Austria belum pernah melampaui babak 16 besar sepanjang partisipasi di Euro. Pada edisi Euro 2020, mereka dikalahkan Italia 2-1 di babak tersebut. Bersama Ralf Rangnick yang juga merupakan pencipta taktik gegenpressing, Austria diprediksi bakal lolos ke babak berikutnya.

2. Georgia
Georgia melanjutkan kisah manis di Euro kali ini dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kali. Mereka berhasil memanfaatk an satu-satunya cara untuk lolos ke babak tersebut dengan mengalahkan tim bertabur bintang Portugal. Lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik, Georgia akan menghadapi tim kuat Spanyol di babak 16 besar.

Dilansir UEFA, Willy Sagnol merupakan orang yang tepat untuk menjadi juru taktik Georgia. Selain karena strateginya, dia mampu memberikan kata-kata motivasi untuk pemainnya bahkan sejak babak play-off kualifikasi.

3. Rumania
Dilansir UEFA, Rumania mencapai babak perempat final pada Euro 2000. Kini, mereka berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup E dan membuat Belgia menjadi runner-up grup. Tim asuhan Edward Iordanescu, bahkan mengawali Euro kali ini dengan kemenangan 3-0 melawan Ukraina.

Rumania akan menghadapi Belanda di babak 16 besar. Menarik ditunggu, apakah Rumania mampu mengulang kesuksesan 24 tahun lalu saat berhasil mencapai babak perempat final.

4. Slovenia
Meskipun hanya bermain imbang di semua pertandingan grup C Euro kali ini, Slovenia tetap lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik. Dilansir UEFA, lolos ke babak 16 besar merupakan pencapaian tertinggi mereka dalam ajang Euro.

Mengandalkan pengalaman Jan Oblak sebagai penjaga gawang dan Benjamin Sesko yang selalu menarik perhatian pertahanan lawan, Slovenia berharap untuk tidak mengulangi prestasi mereka di Euro 2000. Portugal akan menjadi lawan mereka di babak 16 besar.

5. Turki
Mengawali turnamen dengan kemenangan yang meyakinkan melawan Georgia, Turki juga harus susah payah saat menang menghadapi Republik Ceko di pertandingan terakhir grup F. Menang 2-1 melawan Republik Ceko pada Kamis (27/6), membuat mereka lolos sebagai runner-up grup F.

Dilansir UEFA, prestasi terbaik Turki adalah mencapai babak semifinal pada Euro 2008. Vincenzo Montella mencoba untuk membawa Turki ke final, sama seperti dirinya yang berhasil mencapai final Euro 2000 bersama Italia sebagai pemain. (*)

SourceJPGroup

Update