Sabtu, 3 Desember 2022

3 Pemain Naturalisasi Ini Diharapkan Main di AFF Cup 2022

Berita Terkait

Sandy Walsh dan Jordi Amat diharapkan memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (PSSI)

batampos – PSSI menginginkan naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama selesai bersamaan pada November 2022 sehingga mereka bisa mengikuti Piala AFF 2022 yang dimulai Desember.

“Kami berharap sama-sama agar bisa sekaligus. Mereka bertiga pemain yang disiapkan untuk barisan belakang (tim nasional Indonesia). Mudah-mudahan tanggal 15 November sudah selesai,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Selasa.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun memastikan PSSI akan berkomunikasi dengan Kementerian Hukum dan HAM agar pewarganegaraan tiga pemain itu tuntas sekaligus.

Baca Juga: Naturalisasi Pesepak Bola asal Belanda Shayne Pattynama, PSSI Berikan Keterangan Dukungan

Menurut Iriawan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menginginkan Jordi, Sandy dan Shayne langsung mengisi skuadnya yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022.

“Shin Tae-yong sudah menyimulasikan dengan saya bagaimana barisan belakang timnas,” kata purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

Dari tiga pemain yang disebutkan, Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah tinggal mengucapkan sumpah sebagai WNI setelah menuntaskan seluruh tahapan naturalisasi.

Shayne Pattynama baru menghadap Komisi X DPR RI pada Selasa (8/11) di mana komisi tersebut menyetujui rekomendasi menjadikan dia WNI.

Baca Juga: Komisi X DPR Setujui Shayne Pattynama Dinaturalisasi

Timnas Indonesia akan mengikuti TC persiapan Piala AFF 2022 mulai 28 November 2022. Namun, PSSI belum memastikan lokasi TC tersebut, apakah di Jakarta atau Bali.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Tak seperti edisi sebelumnya yang diadakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF akan kembali ke format kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim dalam dua kali laga kandang dan dua kali laga tandang. Dua tim terbaik dari setiap grup lolos ke semifinal.

PSSI menargetkan Indonesia juara Piala AFF 2022 yang jika berhasil akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah tim Garuda. (*)

 

 

 

Reporter: Antara

Update