10 Tim F1 Akan Turunkan Pembalap Perempuan

0
20
Ketatnya persaingan poin di puncak klasemen membuat perebutan gelar juara dunia F1 musim ini diprediksi bakal ditentukan di seri terakhir. (Alexander NEMENOV / AFP)
Ilustrasi: Tim Formula 1 akan mendukung pembalap dan memasang liveri tim mereka di ajang F1 Academy mulai musim depan. (Alexander NEMENOV / AFP)

batampos – Seri F1 Academy mengumumkan bahwa kesepuluh tim Formula 1 akan memiliki masing-masing satu pembalap dan liveri di satu mobil yang berkompetisi di seri khusus pembalap perempuan itu mulai musim 2024.

Seri setingkat Formula 4 yang bertujuan untuk mengembangkan pembalap muda perempuan itu diluncurkan awal tahun ini dengan lima tim. Yakni, ART Grand Prix, Campos Racing, MP Motorsport, PREMA Racing, dan Rodin Carlin.

Setiap tim akan menurunkan tiga mobil dan tiga pembalap. Namun mulai 2024, sepuluh pembalap akan dinominasikan oleh tim-tim F1 dan mobil mereka akan memasang corak (liveri) khusus tim F1.

Baca Juga: Alex Rins Menggantikan Posisi Morbidelli di Yamaha

Sementara lima pembalap yang tersisa akan didukung oleh tim partner lain.

“Pertama dan terutama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim-tim Formula 1 atas dukungan serta visi mereka sejak kami memulai perjalanan ini bersama-sama,” kata Susie Wolff, Direktur Pelaksana F1 Academy.

“Momen penting ini tidak hanya menunjukkan besarnya dukungan untuk F1 Academy dari seluruh komunitas F1. Tetapi juga akan menginspirasi seluruh generasi muda perempuan untuk menemukan peluang di dalam dan di luar lintasan di dunia motorsport.”

Baca Juga: Indonesia Tempatkan Lima Wakil di Perempat Final Japan Open

Kalender ketujuh Formula Academy pada 2023 menggelar tiga balapan per akhir pekan. Hanya menampilkan satu putaran sebagai pembalap dukungan F1. Yakni di Grand Prix AS di Austin.

Namun tahun depan, Formula Academy akan tampil secara reguler dalam jadwal balap Grand Prix. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini